Sabtu, 09 Februari 2019

Kerja di PUSTU (Puskesmas Pembantu)

Wow, ga terasa gue udah 9 tahun ga nulis di blog ini. Sejauh ini gue pantau post yang paling rame dikunjungi adalah post tentang Makalah Mencuci Tangan. Pasti mahasiswa keperawatan semua nih yang buka,  ye kan..? Hehe.. kebiasaan lu buka google buat bikin makalah. Usaha woyy... wkwkw...!!

Sekarang gue udah ga mahasiswa lagi, udah kerja. Dan gue sekarang menjadi pengabdi negara, yang lebih dikenal sebagai PNS (pegawai negeri sipil). Buat kalian mahasiwa, khusus nya mahasiwa keperawatan, yang berencana untuk menjadi PNS nantinya, siapkan mental kalian dari sekarang. Percaya deh, jadi PNS itu ga enak..!!


Gue udah kira-kira sudah 4 tahun jadi PNS, sebelum jadi PNS gue udah 3 tahun kerja di Rumah Sakit Umum Daerah di kota gue sebagai Tenaga Kerja Sukarela (TKS). Kalau di timbang-timbang, kaya nya mendingan kerja di RS deh, soalnya pasti kerja nya di kota, dan uang nya lumayan gede. Kecuali kalau status lu cuma TKS, beeeghh... sakit bray. Ada atau ga ada gaji ga boleh ngeluh, karena di kontrak kerja sudah di tulis kita ga boleh minta uang kalau ga di kasih gaji (yep.. walaupun hanya TKS tetap teken kontrak, manteb kan?!).

Nah, sekarang gue udah ga di RS lagi. Sejak lulus tes seleksi CPNS 4 tahun yang lalu, gue di tempatkan di Puskesmas Pembantu (pustu) di sebuah desa. Yg jarak nya lumayan jauh dari kota. Tanpa listrik, tanpa signal. Aneh nya, kalau lu naik dikit ke bukit di dekat pustu, lu bakal nemu signal 4G. Masih menjadi misteri kenapa di desa yang ga ada tower provider telekomunikasi nya ini bisa ada signal 4G. Apakah di tengah hutan dekat desa ada sebuah stasiun militer rahasia tempat penelitian tentang alien dilakukan? Atau ada sebuah markas alien, tempat untuk meneliti umat manusia di bumi? Entar deh gue cari tau.

Pengalaman paling asoy ketika gue kerja di pustu adalah pas ada warga yang nelpon gue melapor bahwa ada salah satu anggota keluarga nya yang sakit. Menurut penuturan beliau, ayah nya sakit parah dan ga mampu gerak lagi. Gue yang kebetulan saat ditelpon lagi libur di kota, langsung berangkat ke desa. Waktu itu jam 10 malam. Warga yg tadi nelpon gue, udah stand by nungguin di depan pustu yang gelap gulita menyeramkan. Tanpa menunggu lama, kita berdua berangkat ke dalam hutan berjalan kaki. Kebetulan posisi pasien nya ada di ladang yang cukup jauh dari pustu.

"Jauh ya pak ladang nya?" Tanya gue sama si bapak.

"Nggak pak, deket aja. Ga habis sebatang rokok udah sampe kita" jawab beliau mempesona.

Si bapak pun menyalakam rokok nya, kata nya sih buat ngusir nyamuk. Dengan cahaya lampu flash handphone gue, kita pun berjalan menyusuri hutan, sambil sesekali bergurau sama si bapak yang nelpon gue ini tadi.

15 menit berlalu..

30 menit berlalu..

Akhirnya setelah berjalan kaki melewati lebatnya hutan kalimantan nan dingin bernyamuk selama setengah jam, kami pun tiba di sebuah pondok ditengah ladang.

"Kate nye kagak habis sebat, lah ini setengah jam baru nyampe" ucap gue terengah-engah manja.

"Nih, rokok saya belum habis pak" jawab nya nyengir sambil nunjukin rokok nya yg baru kebakar setengah batang.

Kampret emang, pasti sibapak matiin tuh rokok waktu di tengah perjalanan pas gue lagi lengah. Cihh...!!

Waktu gue mendekat ke pondok, ada seorang bapak-bapak ga pake baju lagi sibuk nyusunin kayu bakar, dengan lampu senter terikat dikepala nya. Beliau pasti anggota keluarga si pasien juga.

"Eh, pak mantri udah sampe. Masuk pak" ucapnya sambil mempersilahkan masuk ke pondok. Gue pun ngikut aja di belakang sibapak-penyusun-kayu-bakar  masuk ke dalam pondok.

Sampai di dalam pondok, sibapak-penyusun-kayu-bakar itu kemudian berbaring dan memandang ke gue sambil meringis kesakitan.

"Ini pak, pinggang saya sakit banget 3 hari ini. Saya jadi susah gerak. Kenapa ya pak?" Tanya sibapak-penyusun-kayu-bakar sambil memegang pinggang kanan nya mengeluh kesakitan.


. . .


Sekelebat kenangan perjalanan gue sepanjang hutan hilir mudik di pikiran gue. Lelahnya naik bukit, gatal nya digigit nyamuk, pegalnya kaki melangkah, semua bergantian muncul dalam pikiran gue. 

Apakah ini nyata? Apakah ini hanya mimpi? Aaaaarrrghhhh.......

Ternyata pasien yang katanya sakit parah sampai ga bisa gerak tadi adalah sibapak-penyusun-kayu-bakar yang gue kira anggota keluarga si pasien yg di lapor ke gue.

Ohh God...!!

Ya iyalah susah gerak, wong bapak udah tua aja masih nyusunin kayu bakar. Malam-malam pula.. ahh...

Akhirnya gue tetap meriksa si bapak, ngasih obat, dan memberi saran agar si bapak mengurangi aktifitas berat seperti menyusun kayu bakar, sementara sampai sakit pinggang nya sembuh.
Setelah semua nya beres, gue pun balik berjalan kaki 30 menit ke pustu, dan pulang kekota untuk istirahat (kebetulan malam minggu, besoknya libur. Jadi gue tidur di rumah ortu di kota).

Masih banyak lagi pengalaman-pengalaman seru gue selama kerja di pustu. Ga bakal cukup kalau gue tulis di post ini semua. So, jangan lupa mampir terus ke blog ini, siapa tau gue ada update post. Maklum lah, gue orangnya hangat-hangat tai anjing. Ga tiap hari posting. Hoho..
Terima kasih udah buang-buang waktu baca tulisan ini.

Tidak ada komentar: